Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 27 Maret 2012

Motor Antik Pemecah Rekor Dunia

Ini lah motor tua tercepat dengan bandrol termahal di dunia. Brough Superior yang diproduksi pada tahun 1929. Motor ini baru saja menggemparkan dunia dengan menjadi motor antik termahal didunia. Bayangkan saja , pada lelang Eropa H&H, Brough Superior ditawar dengan harga tertinggi yaitu 286.000 poundsterling atau setara Rp4,05 miliar oleh seorang kolektor. Lelang berlangsung di museum industri sepeda motor dunia Haynes International Motor Museum, Sparkford, Inggris.


Pembuat Brough Superior ini adalah George Brough asal Inggris yang dikerjakan pada tahun 1919 sampai tahun 1940 di markasnya di Haydn Road, Notingham, Inggris. Ia mantan pebalap, perancang, showman dan semua motor bikinannya mempunyai ciri high performance dan kualitasnya paling tinggi dan bagus.


Brough Superior ini yang dibekali mesin SS100 berkapasitas 1.000cc V-twin. Kecepatan maksimum yang dicapai sampai 161 km/jam (100 mph). Kecepatan yang sangat luar biasa untuk saat itu, sehingga kendaraan itu (termasuk karya Brough lainnya) dijuluki "Rolls Royce"nya sepeda motor. Motor ini memang tidak semahal motor Cyclone Board Track Racer (S)OHC produksi 1915 yang di bandrol US$520.000 atau sekitar 4,5 miliar. Namun dengan kecepatan  mencapai 161 km /jam motor ini layak masauk rekor dunia dengan motor antik tercepat dengan nilai termahal didunia.

"Pada 1929 hanya 29 unit motor diproduksi di Pendine (Wales) dan Grand Alpine (Swiss) dengan dua opsi rangka tipe B dan D. Brough juga dilengkapi dengan sistem transmisi 3-percepatan dijuluki super heavyweight," ujar penyelenggara lelang H&H.


Namun, sentar terkabar bahwa tahun 2012 ini nilai jual sepeda motor ini akan bisa terlampaui oleh sebuah motor bermesin uap bernama Roper Steam Motorcycle produksi tahun 1894 diprediksi akan menjadi motor paling mahal yang pernah dilelang di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar