Pages

Subscribe:

Labels

Senin, 26 Maret 2012

Tips Supaya Bensin Lebih Irit


Dalam kehidupan jaman sekarang kendaraan bermotor merupakan alan transportasi yang paling banyak digunakan. Dengan semakin besarnya harga BBM saat ini, saya akan memberikan beberapa tips agar kendaraan motor anda jauh lebih irit dari sebelumnya.

1.        Memasang Power Booster
Trik paling gampang untuk menghemat bensin adalah dengan cara memperbesar pengapian. Motor 4 tak atau 2 tak semua juga bisa. Dengan memperbesar api / tegangan, otomatis bahan yang diletup busi makin sempurna terbakar. Singkatnya bersih tak tersisa, jadi tidak perlu membuka gas besar untuk mendapatkan tenaga spontan. Alat ini bisa dibeli di toko-toko onderdil di daerah anda.

2.      Setel Ulang Pelampung
Jumlah bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar akan ditampung dulu oleh karburator. Agar motor makin irit dan tidak mempengaruhi tenaga, turunkan ketinggian pelampung karburator 1-2 mm, dijamin konsumsi bensin akan lebih irit.

3.      Bikin LSA (Lobe Separation Angle) Lebih Sempit
Cara ini berfungsi untuk motor 4 tak yang sudah pernah dikorek (setingan balap). Pasalnya, untuk mengungkit tenaga di putaran atas, lobe separation angle (LSA) dibuat lebih renggang. Otomatis bukaan makin lama dan bensin akan boros. Supaya tidak boros sekali, kecilkan sudut LSAnya. Dengan sudut yang kecil bukaan klep tidak akan terlalu lama sehingga bensin tadi tidak banyak mengalir ke ruang pembakaran.

4.      Bikin Rapat Setelan Klep
Khusus motor 4 tak, cara yang dapat digunakan yaitu dengan mengubah setelan klep. Karena perangkat inilah yang mengatur campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar. Dengan merapatkan setelan klep standar, otomatis bukaan valve juga menyempit. Pengeluaran bensinpun akan menjadi lebih sedikik.

5.      Membersihkan Kerak
Adanya kerak sangat merugikan baik dalam proses pembakaran ataupun pembuangan. Jika ada diseher, silinder kop atau klep, mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna. Campuran udara dan bensin tidak dapat terbakar sepenuhnya akibat kerak yang mempel. Dampaknya, bensin dan udara yang tersalur ke ruang bakar lebih boros. Kerak tidak hanya menempel pada bagian itu, kerak juga dapat menumpuk pada knalpot yang mengakibatkan pembuangan gas tidak berjalan lancar.

6.      Manifold Berkisi-kisi
Sebagai saluran masuk udara dari karbu ke ruang bakar, leher angsa (manipol) juga mampu menghemat BBM, yaitu bentuk manifold yang berkisi-kisi. Kisi-kisi ini akan membuat pusaran udara, sehingga campuran bensin dan udara makin homogen dan pembakaran akan menjadi sempurna.

7.      Gunakan Oli berkualitas
Pelumas yang berkualitas jelek akan dapat membuat motor kita makin haus bensin. Kenapa? Karena oli yang tidak berkualitas membua gesekan antara material kian banyak, suhu melonjak tinggi, kerja dapur pacu makin berat dan akhirnya konsumsi bensin akan boros. Lebih baik memakai oli anjuran dari pabrik.

Demikian tips dari saya, semoga tips ini dapat berguna berguna bagi para pengendara yang ingin kendaraannya lebih irit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar